Perilaku Masyarakat Pada Masa PPKM Darurat, Hasil Survei Perilaku Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19, Periode 13-20 Juli 2021

Terhitung sejak tanggal 3 Juli 2021, pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di sejumlah tempat. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan persebaran virus corona yang terus meluas. Sebagai bagian dari upaya percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia, Badan Pusat Statistik menyelenggarakan Survei Perilaku Masyarakat Pada Masa Pandemi COVID-19 (SPMPMPC-19) secara daring (online) mulai tanggal 13-20 Juli 2021. SPMPMPC-19 bertujuan untuk mendukung penyusunan kebijakan pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19 melalui penyediaan informasi tentang kepatuhan diri dan masyarakat sekitar terhadap protokol kesehatan, pendapat masyarakat tentang vaksinasi, dan respon masyarakat dalam menyikapi masa pembatasan kegiatan. Hasil survei disajikan dalam booklet infografis ini. Harapannya, pembaca dapat dengan mudah memahami informasi yang disajikan.


Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku Usaha Jilid II

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada perubahan tatanan kehidupan sosial serta menurunnya kinerja ekonomi di sebagian besar negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Untuk itu, diperlukan data yang valid dan akurat sebagai kunci utama menuju sukses dalam upaya program pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi ini. Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha Jilid 2 ini bertujuan untuk menyediakan indikator terkini tentang pelaku usaha (usaha atau perusahaan) yang terdampak pandemi Covid-19. Survei yang dilakukan secara daring ini memberikan gambaran informasi kondisi perusahaan di tengah pandemi dari berbagai aspek, antara lain operasional, tenaga kerja, pendapatan, kendala yang dialami, adaptasi, optimisme, hingga bantuan yang dibutuhkan. Penyajian statistik tambahan (additional statistics) berupa indikator-indikator dampak Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam pemulihan ekonomi nasional.


Perilaku Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 telah berlangsung sejak awal tahun 2020. Pemerintah telah melakukan beragam upaya dalam mencegah penyebaran virus ini. Beberapa upaya yang telah dilakukan pemerintah antara lain Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Kebijakan tersebut mendorong masyarakat untuk menyesuaikan perilaku sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu, pandemi Covid-19 telah merubah tatanan kehidupan masarakat, dimana aspek kehidupan masyarakat berubah secara cepat. Sebagai penyedia data statistik berkualitas, Badan Pusat Statistik (BPS) berperan dalam memberikan informasi terkait penanganan pandemi. Survei Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 dilaksanakan secara online (daring). Survei ini memberikan informasi mengenai persepsi kepatuhan dan efektivitas protokol kesehatan, persepsi dan penilaian terhadap pandemic Covid-19, peran media dalam memberikan informasi Covid-19, dan aspek lain mengenai tatanan kehidupan masyarakat di masa pandemic. Hasil survei ini menjadi statistik tambahan (additional statistics) untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan strategis dalam penanganan pandemic Covid-19.


Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku Usaha di Indonesia

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada perubahan tatanan kehidupan sosial serta menurunnya kinerja ekonomi di sebagian besar negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Untuk itu, diperlukan data yang valid dan akurat sebagai kunci utama menuju sukses dalam upaya program pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi ini. Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha merupakan experimental statistics yang bertujuan untuk menyediakan indikator terkini (an early indicator) tentang pelaku usaha (usaha atau perusahaan) yang terdampak pandemi Covid-19. Survei yang dilakukan secara daring ini memberikan gambaran informasi kondisi perusahaan di tengah pandemi dari berbagai aspek, antara lain operasional, tenaga kerja, pendapatan, kendala yang dialami, adaptasi, optimisme, hingga bantuan yang dibutuhkan.Penyajian statistik tambahan (additional statistics) berupa indikator-indikator dampak Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam pemulihan ekonomi nasional.


Analisis Big Data Ditengah Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada berbagai bidang dan sektor. Adanya pandemi Covid-19 juga berdampak pada perubahan pola hidup masyarakat sehingga mengharuskan masyarakat untuk mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru. Masyarakat harus mampu beradaptasi menjalankan aktivitas normal namun tetap mengimplementasikan prinsip physical distancing dan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Dengan adanya teknologi informasi yang semakin canggih, perubahan dan dampak tersebut dapat dipantau dan diperoleh secara mudah dan hampir real time. Laporan ini memberikan hasil kajian penggunaan big data untuk mengukur dampak Covid-19 ditengah masa adaptasi kebiasaan baru terhadap tingkat mobilitas masyarakat, jumlah penerbangan komersial domestik maupun internasional dan pola belanja pada marketplace.


Hasil Survei Sosial Demografi Dampak COVID-19 2020

Publikasi hasil survei sosial demografi dampak COVID-19 ini menyajikan data dan informasi perubahan perilaku dan keadaan sosial ekonomi responden survei. Penyajian statistik tambahan (additional statistics) ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Tinjauan Big Data Terhadap Dampak COVID-19 2020

Covid-19 telah berdampak pada berbagai bidang dan sektor. Dengan adanya teknologi informasi yang semakin canggih, perubahan dan dampak tersebut dapat dipantau dan diperoleh dengan mudah dan hampir real time. Laporan ini memberikan hasil kajian penggunaan big data untuk mengukur dampak Covid-19 pada tingkat mobilitas masyarakat, kualitas udara, jumlah penerbangan komersial domestik maupun internasional, dan pola belanja pada marketplace.


Analisis Isu Terkini: Dampak Covid-19 Di Provinsi NTB
BPS PROVINSI NTB

Dengan situasi yang tidak biasa diperlukan suatu data yang memberikan gambaran sejauh mana isu yang sedang berkembang ini telah merubah kehidupan masyarakat tidak terkecuali di Provinsi NTB. Sejauh mana pandemi menekan dunia ketenagakerjaan, seberapa besar pandemi berdampak pada sosial demografi masyarakat, dan seberapa jauh COVID-19 menahan laju usaha, berusaha digambarkan dalam publikasi ini. Publikasi ini menjadi statistik tambahan (Additional Statistics) dengan bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan. Semoga dengan hadirnya publikasi ini, diperoleh gambaran dalam menyusun perencanaan serta strategi dalam menghadapi pandemi ini baik untuk pencegahan, penanggulangan maupun pemulihan.


Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Sosial Demografi dan Pelaku Usaha Provinsi Bali 2020
BPS PROVINSI BALI

Publikasi ini menyajikan hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 dan Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha yang merupakan survei daring yang dilakukan BPS dalam mencari informasi terkait perilaku masyarakat dan kondisi pelaku usaha/perusahaan saat pandemi.


Analisis Isu Terkini DIY Triwulan III 2020 Hasil Survei Sosial Demografi Dampak COVID-19
BPS PROVINSI YOGYAKARTA

Pada tanggal 2 Maret 2020 Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo mengumumkan adanya kasus positif terinfeksi COVID-19 di Indonesia. Mulai saat itu pula berbagai langkah antisipasi untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 mulai dilakukan, di antaranya himbauan physical-distancing, pemberlakukan work from home, penutupan pusat perbelanjaan dan tempat wisata, serta pengurangan kepadatan pekerja pada sektor industri. Namun demikian, penyebaran COVID-19 ini ternyata masih terus berlanjut dan tidak terbendung. Sebagai Lembaga Negara yang ditugasi untuk menyajikan statistik, BPS juga berupaya untuk mengambil peran dalam menyikapi situasi genting saat ini dengan memproduksi statistik tambahan guna mendukung upaya percepatan penanganan Pandemi COVID-19 di Indonesia. Dengan diterapkannya physical distancing, pengumpulan data secara konvensional menjadi terkendala. Hal tersebut disikapi dengan menggunakan metode pengumpulan data secara daring, dan pemilihan metode pengambilan sampel yang lebih mudah baik bagi BPS maupun bagi responden. Penyajian statistik tambahan (additional statistics) ini merupakan bagian dari Analisis Isu Terkini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan di Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk menjadi salah satu acuan dalam rangka menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha Jilid 2
BPS PUSAT

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada perubahan tatanan kehidupan sosial serta menurunnya kinerja ekonomi di sebagian besar negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Untuk itu, diperlukan data yang valid dan akurat sebagai kunci utama menuju sukses dalam upaya program pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi ini. Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha Jilid 2 ini bertujuan untuk menyediakan indikator terkini tentang pelaku usaha (usaha atau perusahaan) yang terdampak pandemi Covid-19. Survei yang dilakukan secara daring ini memberikan gambaran informasi kondisi perusahaan di tengah pandemi dari berbagai aspek, antara lain operasional, tenaga kerja, pendapatan, kendala yang dialami, adaptasi, optimisme, hingga bantuan yang dibutuhkan. Penyajian statistik tambahan (additional statistics) berupa indikator-indikator dampak Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam pemulihan ekonomi nasional.


Analisis Isu Terkini Perilaku Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Provinsi Bengkulu
BPS PROVINSI BENGKULU

Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak awal tahun 2020 telah berdampak pada tatanan kehidupan masyarakat, baik secara sosial maupun ekonomi. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) diambil pemerintah sebagai upaya untuk memutus persebaran virus corona. Kebijakan tersebut mendorong masyarakat untuk menyesuaikan perilaku sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.Berbagai aspek kehidupan masyarakat berubah secara cepat di masa pandemi ini. Sebagai penyedia data statistik berkualitas, Badan Pusat Statistik (BPS) berupaya turut hadir dan berperan untuk memberikan data dan informasi terkait penanganan pandemi. Analisis Isu Terkini Survei Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Provinsi Bengkulu dilaksanakan secara online (daring) sebagai bentuk inovasi dan pemanfaatan kemajuan teknologi untuk pengumpulan data dalam waktu singkat.


Analisis Hasil Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku Usaha Provinsi Sumatera Utara Juli 2020
BPS PROVINSI SUMUT

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada perubahan tatanan kehidupan sosial serta menurunnya kinerja ekonomi di sebagian besar negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Untuk itu, diperlukan data yang valid dan akurat sebagai kunci utama menuju sukses dalam upaya program pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi ini. Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha merupakan experimental statistics yang bertujuan untuk menyediakan indikator terkini (an early indicator) tentang pelaku usaha (usaha atau perusahaan) yang terdampak pandemi Covid-19. Survei yang dilakukan secara daring ini memberikan gambaran informasi kondisi perusahaan di tengah pandemi dari berbagai aspek, antara lain operasional, tenaga kerja, pendapatan, kendala yang dialami, adaptasi, optimisme, hingga bantuan yang dibutuhkan.Penyajian statistik tambahan (additional statistics) berupa indikator-indikator dampak Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam pemulihan ekonomi nasional.


Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Provinsi DKI Jakarta
BPS PROVINSI JAKARTA

Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak awal tahun 2020 telah berdampak pada tatanan kehidupan masyarakat, baik secara sosial maupun ekonomi. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diambil pemerintah dalam rangka memutus mata rantai persebaran virus corona otomatis berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan bermasyarakat. Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyedia data statistik berkualitas turut berperan menyediakan data dan informasi terkait pandemi ini. Survei Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 dilaksanakan secara online (daring) sebagai bentuk pemanfaatan kemajuan teknologi. Hasil survei ini diharapkan menjadi statistik tambahan (additional statistics) bagi pemangku kepentingan guna menyusun perencanaan dan evaluasi dalam penanganan pandemi Covid-19 khususnya di DKI Jakarta. Penyajian dalam bentuk infografis bertujuan agar informasi yang disampaikan mudah dicerna oleh berbagai kalangan. Akhir kata, semoga publikasi ini dapat bermanfaat. Salam sehat untuk kita semua.


Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha Provinsi Nusa Tenggara Timur
BPS PROVINSI NTT

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada perubahan tatanan kehidupan sosial serta menurunnya kinerja ekonomi di sebagian besar provinsi di Indonesia, tak terkecuali Nusa Tenggara Timur. Untuk itu, diperlukan data yang valid dan akurat sebagai kunci utama menuju sukses dalam upaya program pemulihan ekonomi pada masa pandemi ini. Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha merupakan experimental statistics yang bertujuan untuk menyediakan indikator terkini (an early indicator) tentang pelaku usaha (usaha atau perusahaan) yang terdampak pandemi Covid-19. Survei yang dilakukan secara daring ini memberikan gambaran informasi kondisi perusahaan di tengah pandemi dari berbagai aspek, antara lain operasional, tenaga kerja, pendapatan, kendala yang dialami, adaptasi, optimisme, hingga bantuan yang dibutuhkan. Penyajian statistik tambahan (additional statistics) berupa indikator-indikator dampak Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam pemulihan ekonomi nasional.


Analisa Hasil Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha Sumatera Barat, Edisi Juli 2020
BPS PROVINSI SUMBAR

Publikasi ''Analisa Hasil Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku usaha Provinsi Sumatera Barat Edisi Juli 2020''merupakan publikasi yang berisikan infografis mengenai dampak pandemi COVID-19 terhadap pelaku usaha di Sumatera Barat. Disajikan secara ringan dengan infografis dimaksudkan untuk memberi informasi yang dapat menyasar seluruh kalangan. Ringan namun informatif adalah cara yang ditempuh untuk menyebarluaskan informasi terkini terkait indikator-indikator yang dihasilkan dari Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha.


ANALISIS HASIL SURVEI DAMPAK COVID-19 TERHADAP PELAKU USAHA, PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
BPS PROVINSI BABEL

Penyajian hasil survei sosial demografi dampak COVID-19 ini menyajikan data dan informasi perubahan perilaku dan keadaan sosial ekonomi responden survei. Penyajian statistik tambahan (additional statistics) ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha Provinsi Banten
BPS PROVINSI BANTEN

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada perubahan tatanan kehidupan sosial serta menurunnya kinerja ekonomi di sebagian besar negara di dunia, tak terkecuali Banten. Untuk itu, diperlukan data yang valid dan akurat sebagai kunci utama menuju sukses dalam upaya program pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi ini. Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha merupakan experimental statistics yang bertujuan untuk menyediakan indikator terkini (an early indicator) tentang pelaku usaha (usaha atau perusahaan) yang terdampak pandemi Covid-19. Survei yang dilakukan secara daring ini memberikan gambaran informasi kondisi perusahaan di tengah pandemi dari berbagai aspek, antara lain operasional, tenaga kerja, pendapatan, kendala yang dialami, adaptasi, optimisme, hingga bantuan yang dibutuhkan.Penyajian statistik tambahan (additional statistics) berupa indikator-indikator dampak Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam pemulihan ekonomi nasional.


Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha Provinsi Jawa Barat (Periode 10-26 Juli 2020)
BPS PROVINSI JABAR

Penyajian statistik tambahan (additional statistics) berupa indikator-indikator dampak Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam pemulihan ekonomi nasional. Penyajian yang ringan dalam bentuk infografis ini, dimaksudkan agar informasi yang diberikan dapat menyasar seluruh kalangan. Ringan namun informatif adalah cara yang kami tempuh untuk menyebarluaskaninformasi terkini terkait indikator-indikator yang dihasilkan dari survei.


Analisis Hasil Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku Usaha Provinsi Lampung
BPS PROVINSI LAMPUNG

Pandemi Covid-19 yang berlangsungsejak awal tahun 2020 telah berdampak pada perubahan tatanan kehidupan sosialserta menurunnya kinerja ekonomi di sebagian besar negara di dunia, takterkecuali Indonesia, termasuk juga Provinsi Lampung. Turunnya kinerja ekonomi Lampung initerjadi sejak triwulan I tahun 2020,yang tercermin dari laju pertumbuhan ekonomi triwulan I tahun 2020 yang hanyamencapai 1,74 persen (y on y), dan kembali menurun signifikan pada triwulan IItahun 2020 yang tumbuh minus 3,57 persen (y on y). Namun demikian, penurunankinerja ekonomi yang juga terjadi secara global ini dapat menjadi momentum bagiIndonesia khususnya Provinsi Lampung untuk melakukan pembenahan dan mengejarketertinggalan, sebagaimana yang disampaikan oleh presiden. Pembenahanperekonomian secara fundamental dengan melakukan transformasi, menjalankanstrategi yang tepat untuk pulih dan kesiapsiagaan di masa depan pada kondisikrisis sejenis pada seluruh pelaku usaha dan juga pemerintah menjadi kunciuntuk memperkuat pembangunan ekonomi kita. Untuk itu, diperlukan data yangvalid dan akurat sebagai kunci utama menuju sukses. Ketersediaan data untukmenyusun perencanaan, membuat keputusan yang tepat, dan untuk mengeksekusiprogram agar tepat sasaran menjadi mutlak. Ketersediaan data dan informasi inimenjadi modal utama dalam upaya program pemulihan ekonomi nasional pada masapandemi ini. Badan Pusat Statistik (BPS)Provinsi Lampung berupaya hadir dan turut berperan, meskipun BPS menghadapikendala karena penerapan physicaldistancing yang menyebabkan pengumpulan data secara konvensional menjadisulit. Namun dengan inovasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi dalampengumpulan data seperti penggunaan survei online (daring), membuat upayamenyediakan data menjadi lebih terbuka. Survei Dampak Covid-19 terhadap PelakuUsaha yang merupakan statistik tambahan (additional statistics) dan dilakukansecara daring adalah salah satu bentuk inovasi tersebut. Penyajian statistik tambahan (additional statistics) berupaindikator-indikator dampak Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasikepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan sertalangkah-langkah cepat dan strategis dalam pemulihan ekonomi nasional. Penyajian yang ringan dalambentuk infografis ini, dimaksudkan agar informasi yang diberikan dapat menyasarseluruh kalangan. Ringan namun informatif adalah cara yang kami tempuh untukmenyebarluaskan informasi terkini terkait indikator-indikator yang dihasilkandari survei.


Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha di Kalimantan Tengah Juli 2020
BPS PROVINSI KALTENG

Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha merupakan statistik tambahan dan dilakukan secara daring adalah salah satu bentuk inovasi yang memanfaatkan kemajuan teknologi dalam pengumpulan data. Penyajian statistik tambahan berupa indikator-indikator dampak Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam pemulihan ekonomi regional. Penyajian yang ringan dalam bentuk infografis ini, dimaksudkan agar informasi yang diberikan dapat menyasar seluruh kalangan.


Analisis Isu Terkini Provinsi Maluku Utara 2020 Hasil Survei Persepsi Masyarakat Terhadap Dampak Penyebaran Covid-19
BPS PROVINSI MALUT

Pandemi COVID-19 telah membawa dampak sosial ekonomi di seluruh penjuru dunia tak terkecuali Maluku Utara. BPS Provinsi Maluku Utara turut serta dalam mengambil peran dalam menyikapi situasi genting saat ini dengan memproduksi statistik tambahan (additional statistic) guna mendukung upaya percepatan penanganan Pandemi COVID-19 di wilayah Maluku Utara.Survei persepsi masyarakat terhadap dampak penyebaran COVID-19 di Maluku Utara merupakan penelitian sederhana yang dilakukan BPS Provinsi Maluku Utara untuk melihat sejauh mana dampak COVID-19 terhadap perilaku serta kondisi sosial ekonomi masyarakat di wilayah Maluku Utara. Hasil survei tersebut disajikan dalam bentuk visualisasi data sehingga memberikan kemudahan dalam memahami hasil penelitian tersebut.Publikasi hasil survei Survei Persepsi Masyarakat Terhadap Dampak Penyebaran COVID-19 di Provinsi Maluku Utara bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan guna menyusun perencanaan dan langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini baik untuk pencegahan, penanggulangan serta pemulihan.


Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Provinsi Lampung
BPS PROVINSI LAMPUNG

Pandemi Pandemi Covid-19 yang berlangsungsejak awal tahun 2020 telah berdampak pada tatanan kehidupan masyarakat, baik secarasocial maupun ekonomi. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan AdaptasiKebiasaan Baru (AKB) diambil pemerintah sebagai upaya untuk memutus persebaran viruscorona. Kebijakan tersebut mendorong masyarakat untuk menyesuaikan perilaku sesuaidengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Berbagai aspek kehidupan masyarakatberubah secara cepat dimasa pandemic ini. Sebagai penyedia data statistic berkualitas,Badan Pusat Statistik (BPS) berupaya turut hadir dan berperan untuk memberikan datadan informasi terkait penanganan pandemi. Survei Perilaku Masyarakat di Masa PandemiCovid-19 Provinsi Lampung dilaksanakan secara online (daring) sebagai bentuk inovasidan pemanfaatan kemajuan teknologi untuk pengumpulan data dalam waktu singkat. Hasilsurvey tersebut menjadi statistik tambahan (additional statistics) untuk memberikaninformasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkahcepat dan strategis dalam penanganan pandemic Covid-19.


Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha Provinsi Jawa Tengah 2020
BPS PROVINSI JATENG

Publikasi ini memotret dampak Covid-19 terhadap para pelaku usaha di Jawa Tengah, utamanya yang terkait dengan perubahan jumlah tenaga kerja, perubahan pendapatan, adaptasi perusahaan dalam situasi pandemi, serta optimisme pelaku usaha dalam menghadapi situasi yang tidak menentu


Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 di Era Adaptasi Kebiasaaan Baru Provinsi Sulawesi Utara 2020
BPS PROVINSI SULUT

Penyajian publikasi ”Hasil Survei SosialEkonomi Dampak Covid-19 di Era Adaptasi Kebiasaan Baru Provinsi Sulawesi Utara2020” ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangkukepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat danstrategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan,penanggulangan, serta untuk pemulihan terutama di Sulawesi Utara.


Perilaku Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19
BPS PUSAT

Pandemi Covid-19 telah berlangsungsejak awal tahun 2020. Pemerintah telah melakukan beragam upaya dalam mencegahpenyebaran virus ini. Beberapa upaya yang telah dilakukan pemerintah antaralain Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Adaptasi KebiasaanBaru (AKB). Kebijakan tersebut mendorong masyarakat untuk menyesuaikan perilakusesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu, pandemiCovid-19 telah merubah tatanan kehidupan masarakat, dimana aspek kehidupanmasyarakat berubah secara cepat.Sebagai penyedia data statistikberkualitas, Badan Pusat Statistik (BPS) berperan dalam memberikan informasiterkait penanganan pandemi. Survei Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19dilaksanakan secara online (daring). Survei ini memberikan informasi mengenaipersepsi kepatuhan dan efektivitas protokol kesehatan, persepsi dan penilaian terhadappandemic Covid-19, peran media dalam memberikan informasi Covid-19, dan aspeklain mengenai tatanan kehidupan masyarakat di masa pandemic. Hasil survei inimenjadi statistik tambahan (additional statistics) untuk memberikan informasikepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan strategis dalampenanganan pandemic Covid-19.


Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha
BPS PUSAT

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada perubahan tatanan kehidupan sosial serta menurunnya kinerja ekonomi di sebagian besar negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Untuk itu, diperlukan data yang valid dan akurat sebagai kunci utama menuju sukses dalam upaya program pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi ini. Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha merupakan experimental statistics yang bertujuan untuk menyediakan indikator terkini (an early indicator) tentang pelaku usaha (usaha atau perusahaan) yang terdampak pandemi Covid-19. Survei yang dilakukan secara daring ini memberikan gambaran informasi kondisi perusahaan di tengah pandemi dari berbagai aspek, antara lain operasional, tenaga kerja, pendapatan, kendala yang dialami, adaptasi, optimisme, hingga bantuan yang dibutuhkan.Penyajian statistik tambahan (additional statistics) berupa indikator-indikator dampak Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam pemulihan ekonomi nasional.


Profil Masyarakat Kabupaten Batang di Era New Normal : Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19
BPS KABUPATEN BATANG

Publikasi Profil Masyarakat Kabupaten Batang di Era New Normal : Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 merupakan analisis yang dihasilkan dari gambaran individu yang secara sukarela berpartisipasi dalam survei sosial ekonomi dampak Covid-19. Publikasi ini memuat gambaran responden dalam hal kegiatan pembelajaran, perilaku masyarakat terkait protokol kesehatan, ketenagakerjaan serta pengeluaran/konsumsi masyarakat di masa new normal.


Profil Masyarakat Kabupaten Klaten di Era New Normal Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 Juli 2020
BPS KABUPATEN KLATEN

Sejak diumumkannya kasus positif terinfeksi COVID-19 di Jawa Tengah padatanggal 13 Maret 2020, berbagai langkah antisipasi unuk meminimalisirpenyebaran COVID-19 telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,diantaranya himbauan physical-distancing, pemberlakuan work from home(WFH), penutupan pusat perbelanjaan dan tempat wisata, serta pengurangankepadatan pekerja pada sektor industri. Namun demikian, penyebaran COVID-19ini ternyata masih terus berlanjut.Disisi lain, kondisi perekonomian menuntut tetap berjalan, sebagaikonsekuensi, maka diterapkan kebijakan new normal, yaitu kegiatan ekonomikembali dibuka dan dijalankan, dengan syarat menerapkan protokol kesehatan.Sebagai Lembaga yang ditugasi untuk menyajikan statistik, BPS KabupatenKlaten juga ikut serta mengambil peran dalam menyikapi situasi genting saat inidengan memproduksi statistik tambahan (additional statistics) guna mendukungupaya percepatan penanganan Pandemi COVID-19 di wilayah Kabupaten Klaten.


Dampak Covid-19 di Era New Normal Kabupaten Tegal 2020
BPS KABUPATEN TEGAL

Merebaknya kasus COVID-19 dan pembatasan aktivitas masyarakat selama masa pandemi telah menyebabkan ekonomi dunia dan Indonesia mengalami perlambatan yang cukup dalam. Di Jawa Tengah, dampak ini telah menyebabkan ekonomi hanya mampu tumbuh 2,6 persen (yoy) padatriwulan 1 2020. Padahal, selama satu dekade terakhir, ekonomi Jawa Tengah rata-rata tumbuh sekitar 5 persen. Ini juga terjadi di Kabupaten Tegal, ada penurunan pertumbuhan ekonomi secara signifikan.Menyadari dampak ekonomi ini, Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian kemudian menyusun skenario tahapan new normal untuk pemulihan roda ekonomi. Kebijakan ini dilakukan secara bertahap dan ditandai dengan pembukaan kegiatan bisnis dan industri mulai tanggal 1 Juni 2020.Publikasi Dampak COVID-19 di Era New Normal ini adalah publikasi yang memotret dampak COVID-19 terhadap aspek sosial ekonomi masyarakat Jawa Tengah pada masa new normal. Selain menyajikan informasi terkait perilaku masyarakat, publikasi ini juga berisi tentang aktivitas belajar online, dan dampak ekonomi di kalangan rumah tangga pada masa new normal.


Profil Masyarakat Kota Pekalongan Di Era New Normal "Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19"
BPS KOTA PEKALONGAN

Publikasi Profil Masyarakat Kota Pekalongan 2020 di Era NewNormal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada parapemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan sertalangkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemiini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, sertauntuk pemulihan (recovery).


Profil Masyarakat Kabupaten Cilacap di Era New Normal (Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19)
BPS KABUPATEN CILACAP

Sejak diumumkannya kasus pertama Covid-19 di Indonesia pada tanggal 2Maret 2020 jumlah kasus terus meningkat setiap harlnya. Tercatat pada 2Agustus 2020 mencapai lebih dari 111 ribu kasus di Indonesia. Penyebaran kasus juga terjadi di Kabupaten Cilacap dimana terdapat 79 pasien positif Covld-19 {73 diantaranya sudah sembuh pada Agustus 2020). Berbagai langkah antisipasi untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap, diantaranya himbauan physical­ distancing, pemberlakukan work from home {WFH} dan school from home (SFH).Beberapa kebijakan yang diambil membatasi mobilitas penduduk Cilacap dan berdampak langsung pada kegiatan perekonomian. Pemerintah pusat dan daerah berupaya keras untuk mengatasi pandeml tersebut. Setelah melakukan pembatasan, pemerintah menyiapkan masyarakat untuk memasuki era New Normal supaya kegiatan perekonomian kembali bergerak dengan tetap menetapkan protokol kesehatan. Publikasi Profil Masyarakat Kabupaten Cilacap di Era New Normal ini memberikan informasi terkait profit masyarakat di Kabupaten Cilacap dalam menghadapi dampak Covid-19. Semoga publikasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.


Profil Masyarakat Kabupaten Wonosobo di Era New Normal, Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19
BPS KABUPATEN WONOSOBO

Publikasi Dampak Covid-19 di Era New Normal Kabupaten Wonosobo 2020 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkahlangkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Profil Masyarakat Kabupaten Demak di Era New Normal Analisis Hasil Survei Sosial EKonomi Dampak Covid -19
BPS KABUPATEN DEMAK

Publikasi ini memotret dampak COVID-19 terhadap aspek sosial ekonomi masyarakat Kabupaten Demak pada masa new normal. Selain menyajikan informasi terkait perilaku masyarakat, publikasi ini juga berisi tentang aktivitas belajar online dan dampak ekonomi di kalangan rumah tangga pada masa new normal.


Profil Masyarakat Kabupaten Banjarnegara di Era New Normal, Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19
BPS KABUPATEN BANJARNEGARA

Publikasi Profil Masyarakat Kabupaten Banjarnegara Di Era New Normal Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak COVID-19 ini, berisisi tentang kondisi social-ekonomi menurut karakteristik demografi masyarakat, informasi yang dihasilkan dari survey ini dapat dipertimbangkan pemanfaatannya untuk pengambilan kebijakan yang berbasis data (data driven decision making). Publikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemic ini, baik itu pencegahan (preventive), penanggulangan serta untuk pemulihan (recovery).


Profil Masyarakat Kabupaten Pemalang di Era New Normal ( Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 )
BPS KABUPATEN PEMALANG

Untuk merekam pandangan masyarakat, pengakuan akan kondisinya, Badan Pusat Statistik mengadakan survei dengan nama Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19, serta menerbitkan buku publikasi untuk mensosialisasikan hasilnya. Karena keterbatasan desain survei, hasil survai hanya menggambarkan kondisi sampel/responden yang mengisi survei daring.Semoga hadirnya publikasi Profil Masyarakat Kabupaten Pemalang di Era New Normal, Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 bisa memberikan informasi tambahan kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi situasi terkini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, maupun untuk pemulihan (recovery).


Profil Masyarakat Kabupaten Jepara Di Era New Normal (Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19)
BPS KABUPATEN JEPARA

Publikasi “Profil Masyarakat Kabupaten Jepara di Era New Normal”ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangkukepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepatdan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan(preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 Nusa Tenggara Timur 2020
BPS PROVINSI NTT

Publikasi Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 Nusa Tenggara Timur 2020 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Profil Masyarakat Kabupaten Sragen di Era New Normal (Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19)
BPS KABUPATEN SRAGEN

Publikasi ini disusundari Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 di Era New Normal. Survei inimenggunakan rancangan Non Probability Sampling yang merupakan kombinasidari Convenience, Voluntary dan Snowball Sampling untukmendapatkan respon partisipasi sebanyak-banyaknya dalam kurun waktu 1-14 Juli2020, Sampai batas akhir waktu, jumlah responden yang berpartisipasi dalam surveiini sebanyak 672 responden.


PROFIL MASYARAKAT KABUPATEN TEMANGGUNG 2020 DI ERA NEW NORMAL Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 Juli 2020
BPS KABUPATEN TEMANGGUNG

-


Profil Masyarakat Kabupaten Wonogiri Di Era New Normal (Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19)
BPS KABUPATEN WONOGIRI

Sejak diumumkannya kasus positif terinfeksi COVID-19 tanggal 02 Maret 2020, berbagai langkah antisipasi untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 telah dilakukan oleh Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah, diantaranya himbauan physical-distancing, pemberlakukan work from home (WFH), penutupan pusat perbelanjaan dan tempat wisata, serta pengurangan kepadatan pekerja pada sektor industri. Namun demikian, penyebaran COVID-19 ini ternyata masih terus berlanjut.Publikasi Profil Masyarakat Wonogiri Di Era New Normal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Profil Masyarakat Kota Salatiga di Era New Normal Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19
BPS KOTA SALATIGA

Publikasi Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 Pada Era New Normal Kabupaten Semarang 2020 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Profil Masyarakat Kota Surakarta di Era New Normal Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 Juli 2020
BPS KOTA SURAKARTA

Sejak diumumkannya kasus positif terinfeksi COVID-19 di Jawa Tengah pada tanggal 13 Maret 2020, berbagai langkah antisipasi untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, diantaranya himbauan physical-distancing, pemberlakukan work from home (WFH), penutupan pusat perbelanjaan dan tempat wisata, serta pengurangan kepadatan pekerja pada sektor industri. Namun demikian, penyebaran COVID-19 ini ternyata masih terus berlanjut.Sebagai Lembaga yang ditugasi untuk menyajikan statistik, BPS Kota Surakarta juga ikut serta mengambil peran dalam menyikapi situasi genting saat ini dengan memproduksi statistik tambahan (additional statistics) guna mendukung upaya percepatan penanganan Pandemi COVID-19 di Kota Surakarta.Publikasi Profil Masyarakat Kota Surakarta di Era New Normal Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).Saya ucapkan terimakasih kepada semua responden yang telah membantu mengisi kuesioner dan tim teknis yang telah menyusun publikasi ini. Semoga kita dapat melalui pandemi Covid-19 ini dengan selamat.


Hasil Survei Sosial Demografi Dampak COVID-19 Provinsi Sumatera Selatan 2020
BPS PROVINSI SUMSEL

Publikasi Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 Provinsi Sumatera Selatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Dampak Covid-19 di Era New Normal Kabupaten Semarang Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19
BPS KABUPATEN SEMARANG

Publikasi Hasil Survei SosialEkonomi Dampak Covid-19 Pada Era New Normal Kabupaten Semarang 2020 inibertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, gunamenyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam penanggulangan,serta untuk pemulihan (recovery).


Profil Masyarakat Kabupaten Magelang di Era New Normal : Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19
BPS KABUPATEN MAGELANG

Publikasi Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 Kabupaten Magelang 2020 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Profil Masyarakat Kabupaten Kendal Di Era New Normal (Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19)
BPS KABUPATEN KENDAL

Sejak diumumkannya kasus positif terinfeksi COVID-19 di Jawa Tengah pada tanggal 13 Maret 2020, berbagai langkah antisipasi untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, diantaranya himbauan physical-distancing, pemberlakuan work from home (WFH), penutupan pusat perbelanjaran dan tempat wisata, serta pengurangan kepadatan pekerja pada sektor industri. Namun demikian, penyebaran COVID-19 ini ternyata masih berlanjut. Disisi lain, kondisi perekonomian menuntut tetap berjalan, sebagai konsekuensi, maka ditetapkanlah new normal, yaitu kegiatan ekonomi kembali dibuka dan dijalankan, dengan syarat menerapkan protokol kesehatan. Sebagai lembaga yang ditugasi untuk menyajikan statistik, BPS Kabupaten Kendal ikut serta mengambil peran dalam menyikapi situasi genting saat ini dengan memproduksi statistik tambahan (additional statistics) guna mendukung upaya percepatan penanganan pandemi COVID-19 di wilayah Kabupaten Kendal.


Profil Masyarakat Kabupaten Pati di Era New Normal Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19
BPS KABUPATEN PATI

Publikasi Profil Masyarakat Kabupaten Pati di Era NewNormal Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Dampak Covid-19 di Era New Normal Kabupaten Rembang 2020 (Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19)
BPS KABUPATEN REMBANG

Publikasi hasil survei sosial demografi dampak covid-19 Kabupaten Rembang 2020 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan serta masyarakat, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Profil Masyarakat Kabupaten Boyolali di Era New Normal (Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19)
BPS KABUPATEN BOYOLALI

Publikasi Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 2020 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penaggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 menggunakan rancangan Non-Probability Sampling yang merupakan kombinasi dari Convenience, Voluntary dan Snowball Sampling untuk mendapatkan respon partisipasi sebanyak-banyaknya dalam kurun waktu 1 minggu pelaksaan survei.


Profil Masyarakat Kabupaten Blora di Era New Normal (Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19, Juli 2020)
BPS KABUPATEN BLORA

Sejak diumumkannya kasus positif terinfeksi Covid-19 di Jawa Tengah pada tanggal 13 Maret 2020, berbagai langkah antisipasi untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 telah dilakukan, di antaranya himbauan physical distancing, pemberlakuan Work From Home (WFH), penutupan tempat hiburan dan tempat wisata, serta pengurangan kepadatan pekerja pada sektor industri. Namun demikian, penyebaran Covid-19 ternyata masih saja terus berlanjut. Sebagai lembaga yang bertugas untuk menyajikan statistik, BPS Kabupaten Blora juga ikut serta mengambil peran dalam menyikapi situasi genting saat pandemi dengan memproduksi statistik tambahan (additional statistic) guna mendukung upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 utamanya di Kabupaten Blora. Publikasi Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 Kabupaten Blora 2020 bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu pencegahan (preventice), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).Saya mengucapkan terima kasih kepada semua responden yang telah membantu dalam pengisian kuesioner dan tim teknis yang telah menyusun publikasi ini. Semoga kita dapat melalui pandemi Covid-19 ini dengan selamat.


Profil Masyarakat Kabupaten Sukoharjo di Era New Normal Juli 2020 (Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19)
BPS KABUPATEN SUKOHARJO

PandemiCovid-19 merubahtatanan masyarakat dunia. Guna mencegah penularan wabah virus corona yang meluas,masyarakat dihimbau bahkan dipaksa untuk tinggal di rumah. Sekolah, bekerja, bahkan beribadah pun dianjurkan untuk dilakukan di rumah saja. Hampir semua negara menghimbau warganya untuk tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Perubahan aktivitas tersebut berdampak luas di banyak sektor khususnya sektor perekonomian. Seiring berjalannya waktu, tinggal di rumah dinilai tidak bisa selamanya diterapkan untuk menjaga keseimbangan perekonomian. Di sinilah, pola hidup baru atau new normal diimplementasikan. New normal adalahperubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.


Dampak Covid-19 Hasil Survei Sosial Demografi Provinsi Lampung 2020
BPS PROVINSI LAMPUNG

Sejak diumumkannya kasus positifterinfeksi COVID-19 Di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020, berbagai langkahantisipasi untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, berbagai langkah telahdilakukan, diantaranya himbauan Physical-Distancing, pemberlakukan work fromhome, penutupan pusat perbelanjaan dan tempat wisata serta pengurangankepadatan pekerja pada sektor industri. Namun demikian, penyebaran COVID-19 initernyata masih berlanjut. Publikasi ini merupakan statistiktambahan yang digunakan sebagai bahan evaluasi untuk menyingkapi situasi saatini dan untuk mendukung para pemangku kepentingan dalam menyusun rencana sertalangkah-langkah yang cepat dan strategis dalam menghadapi penanganan PandemiCOVID-19 di Provinsi Lampung, baik untuk pencegahan, penanggulangan serta untukpemulihan upaya percepatan.


Kajian Dampak Covid-19 terhadap Kondisi Sosial dan Ekonomi Masyarakat Provinsi Jambi
BPS PROVINSI JAMBI

Publikasi Kajian Dampak Covid-19 terhadap Kondisi Sosial dan Ekonomi Masyarakat di Provinsi Jambi ini berisi analisis yang mengkaji kondisi sosial ekonomi masyarakat Jambi akibat dari pandemi Covid-19. Kajian terhadap permasalahan dampak Covid-19 di Provinsi Jambi ini akan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu kajian kondisi sosial dan kondisi ekonomi masyarakat.Bagian pertama buku ini fokus terhadap dampak Covid-19 terhadap kondisi sosial masyarakat Provinsi Jambi, sedangkan bagian kedua fokus terhadap dampak Covid-19 terhadap kondisi ekonomi masyarakat Provinisi Jambi. Covid-19 memberikan dampak multisector yang kian hari mulai dirasakan oleh masyarakat. Masyarakat perlu melakukan banyak perubahan pada kegiatan dan perilakunya masing-masing dalam menyikapi situasi pandemi ini. Oleh karena itu, bagian pertama buku ini akan mengkaji dampak Covid-19 terhadap perilaku pribadi, perilaku masyarakat dan kekhawatiran-kehawatiran yang timbul di masyarakat selama pandemi. Selain itu rumah tangga akan mengalami tekanan baik dari sisi pendapatan dan pengeluaran. Oleh karena itu, bagian kedua buku ini akan mengkaji dampak Covid-19 terhadap pendapatan, pengeluaran dan perilaku masyarakat berbelanja online.


Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2020
BPS PROVINSI BABEL

Penyajian hasil survei sosial demografi dampak COVID-19 ini menyajikan data dan informasi perubahan perilaku dan keadaan sosial ekonomi responden survei. Penyajian statistik tambahan (additional statistics) ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


HASIL SURVEI SOSIAL DEMOGRAFI DAMPAK COVID-19 PROVINSI SUMATERA UTARA 2020
BPS PROVINSI SUMUT

Publikasi Hasil Survei Sosial Demografi Dampak COVID-19 Provinsi Sumatera Utara 2020 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery).


Hasil Survei Sosial Demografi Dampak COVID-19 Provinsi Sulawesi Selatan 2020
BPS PROVINSI SULSEL

Kasus pertama positif terinfeksi COVID-19 di Sulawesi Selatan diumumkan tanggal 20 Maret 2020. Sejak itu kasus baru porsitif COVID-19 mulai bertambah secara fluktuatif dengan tren meningkat. Berbagai langkah antisipasi untuk menekan penyebaran COVID-19, diantaranya himbauan physical distancing, pemberlakuan Work From Home (WFH), penutupan pusat perbelanjaan dan tempat wisata, dan penggunaan masker. Sebagai Lembaga Negara yang ditugasi untuk menyajikan statistik, BPS juga berupaya untuk mengambil peran dalam menyikapi situasi genting saat ini dengan memproduksi statistik tambahan guna mendukung upaya percepatan penanganan Pandemi COVID-19. BPS Provinsi Sulawesi Selatan mengambil peran dengan membuat publikasi Hasil Survei Sosial Demografi Dampak COVID-19 Sulawesi Selatan 2020 yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan, penanggulangan, dan pemulihan.